MTs Sunan Pandanaran Yogyakarta

MTs Sunan Pandanaran

Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran adalah lembaga formal yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Tidak berlebihan jika kemudian madrasah ini diberi nama sesuai dengan yayasan tempat bernaungnya yakni Sunan Pandanaran (MTs SPA). Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran (MTs SPA) terletak di dusun Candi, desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terletak persis berada di kaki Gunung Merapi di jalan Kaliurang km 12,5. Sejarah berdirinya madrasah tidak dapat dilepaskan dari sejarah berdirinya Pondok Pesantren Sunan Pandanaran pada tahun 1975. Sebelas tahun kemudian (Tahun 1986), didirikan Madrasah Tsanawiyah, tepatnya pada 30 Juni 1986. Status Akreditasi MTs SPA terakhir pada tahun 2016 terakreditasi A.

Sarana prasarana penunjang kegiatan pendidikan formal maupun pesantren yang terdapat di MTs SPA diataranya adalah : lapangan sepakbola, lapangan futsal, lapangan basket, lapangan volly, tenis meja, minimarket, laboratorium IPA, laboratorium Komputer, Masjid dan Musholla, fotocopy, dll. Selain itu, pendidikan di MTs SPA tidak hanya sebatas pendidikan formal dan pesantren saja namun ada pendidikan pengembangan diri meliputi; pramuka, PBB, Sepakbola, Bola Volly, Basket, Futsal,Pencak Silat, PMR, Kaligrafi, Qiro’ah, Hadrah, Marching Band, English club, Arabic Club.

Perserta didik MTs SPA bersal dari berbagai daerah di Indoneisa, keseluruhannya berjumlah 1340 santri/siswa yang semuanya bermukim di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Sementara itu, kegiatan keagamaan di pesantren merupakan kegiaatan wajib bagi seluruh santri/siswa, diataranya; Mengaji Al-Qur’an, Sholat Jama’ah 5 waktu dan sunnah, Mujahadah, dan kajian kitab kuning.

Program unggulan di MTs Sunan Pandanaran adalah Program Tahfidh Al-Qur’an yang tersusun dalam kurikulum terpadu. Dengan pencapaian target 30 Juz selama 3 Tahun.

Visi MTs Sunan Pandanaran

“ Mandiri, Berprestasi, Cerdas dan Berkepribadian Qur’ani”

Visi  ini disusun untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah.

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang:

  1. berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian.
  2. sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
  3. ingin mencapai keunggulan.
  4. mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah.
  5. mendorong adanya perubahan yang lebih baik.
  6. mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah.

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

Misi MTs Sunan Pandanaran

Untuk dapat terwujudnya Visi di atas, maka dijabarkan ke dalam Misi. Adapun Misi Madrasah Tsanawiyah Sunan Pandanaran antara lain:

  • Menyelenggarakan Pendidikan kreatif dan inovatif yang berbudaya pesantren
  • Menyelenggarakan Pendidikan Al-Qur`an yang berpaham Ahlus Sunnah Wal Jammah
  • Mengembangkan ketrampilan berbahasa
  • Mewujudkan sarana tehnologi informasi dan komunikasi yang terpadu
  • Menyelenggarakan kegiatan Ibadah

2 komentar untuk “MTs Sunan Pandanaran”

  1. Assalamualaikum wr. wb
    Mohon maaf saya mau tanya untuk info psb MTs/Putri
    Saya sudah buat akun tapi saat buat akun sepertinya salah klik yg jenjang pendidikan harusnya MTs/Putri tapi sepertinya ke klik yg MA jadi pas isi data diri yang tgl lahir adanya thn 2007/2008 harusnya punya saya thn 2011, itu bagaimana ya? Mohon bantuannya
    Terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *