Tingkatkan Kesadaran Literasi Digital Santri, Tim Media Pandanaran Gelar Talk Show: Ngaji Karya

Yogyakarta, sunanpandanaran.com – Tim Media Pandanaran kembali menggelar kegiatan SEMPOSA (Santri Empowerment Sunan Pandanaran) dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2023. Salah satu dari serangkaian kegiatannya yaitu Talk Show yang bertajuk “Ngaji Karya” pada Minggu (22/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran ini dihadiri kurang lebih 40 peserta, yang merupakan admin-admin media pondok pusat maupun cabang.

Sebelumya, telah diadakan lomba digital antar pondok cabang dan pondok pusat. Diantaranya lomba kisah inspiratif, lomba stand up comedy, lomba cover lagu, lomba cerpen, lomba fotografi, dan lomba video kreatif.

SEMPOSA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran literasi digital dan menciptakan santri yang dapat menguasai materi desain dan media sosial. SEMPOSA juga menjadi sebuah harapan para santri, khususnya santri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran untuk dapat mengasah kemampuannya dalam bermedia sosial dan menciptakan karya terbaik mereka.

Talk Show “Ngaji Karya” yang dimoderatori oleh salah satu Tim Media Pandanaran, Putri Wulandari ini menghadirkan narasumber yaitu founder @ruangnderes, Ustadz Hilmi Hamidi dan penulis novel Dua Barista, Ning Najhaty Sharma.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Gus Quoies Hassan dan Gus Quowwam Hassan, Ahlen Pondok Pesantren Sunan Pandanaran.

Ning Najhatiy Sharma, yang merupakan alumni Pondok Pesantren Sunan Pandanaran menyampaikan bahwa skill dan kemampuan harus di gali terus menerus.

“Passion itu harus di gali terus, jangan menjadi orang yang pemalas, ibaratnya seperti nelayan yang menunggu ikan di pinggir laut sama nelayan yang naik kapal dan berlayar di tengah laut, passion harus di asah terus menerus agar menjadi lebih baik lagi,” terang beliau.

Sejalan dengan Ning Najhaty, Ustadz Hilmi mengatakan sekecil apapun kemampuan yang kita miliki, kembangkanlah. Kita tidak tahu kemampuan mana yang akan membawa kita untuk menjadi orang yang besar.

“Jangan meremehkan sekecil apapun skill yang kita punya, sebab kita ngga akan pernah tau kalau ternyata skill kecil yang kita miliki ini bisa jadi sesuatu yang besar di kemudian hari,” jelasnya.

Menjelang sore hari, acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba digital, diantaranya:

Miftah juara 1 lomba stand up comedy

Najwa Amelia ezzahra juara 1 lomba video cover

Maulana Iqbal juara 1 lomba  kisah inspiratif

Hartanti khoirunnisa juara 1 lomba  cover lagu

Winda ayu Kusuma juara 1 lomba  fotografi

Habil Febrian juara 1 lomba video kreatif tik tok

Ade Wijaya juara favorit lomba stand up comedy

Fiyya Nayla maulayya juara favorit lomba cerpen

Alifa ardla juara favorit lomba kisah inspiratif

Abdullah Faqih juara favorit lomba cover lagu

Farisa Amilia juara favorit lomba  fotografi

Ilmi Silviana juara favorit lomba video kreatif tiktok

(Muhammad Afwullah)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *