Komplek 4

Jl. Nglanjaran, Candirejo, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman,  D. I. Yogyakarta, 55581

Latar Belakang dan Sejarah

Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek IV merupakan salah satu cabang dari Pondok Pesantren Sunan Pandanaran yang ditujukan untuk Mahasiswa non-STAISPA dalam mengakomodasi belajar formal sambil tetap tinggal di pesantren guna memperdalam ilmu agama. Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek 4 didirikan sekaligus diasuh oleh Bapak Dr. KH. Imaduddin Sukamto, MA dan Ibu Nyai Hj. Ninik Afifah Mufid, S.E.

Pondok Pesantren Pandanaran Komplek IV Yogyakarta berlokasi di Jl. Kaliurang KM 14,5 No : 95 RT/RW : 09/17, Jl. Nglanjaran, Candirejo, Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581.

Visi PPSPA IV adalah menjadikan santri yang mandiri, berprestasi, cerdas dan berkepribadian Qur’ani. Misi PPSPA IV adalah menyelenggarakan pendidikan yang kreatif, dan inovatif yang berbudaya pesantren, menyelenggarakan pendidikan pesantren Ahlus Sunnah wal Jama’ah An-Nahdiyyah dengan Al-Quran sebagai sentral pendidikan, mengembangkan ketrampilan membaca kitab kuning, dan menyelenggarakan kegiatan ibadah.

Program dan Kegiatan

Kegiatan utama Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Komplek IV adalah setoran Al-Quran dengan metode sorogan atau talaqqi secara langsung kepada seorang guru Quran. Selain kegiatan tersebut, PPSPA IV juga memiliki program pengajian kitab kuning, mujahadah (diantara kegiatan mujahadah tersebut adalah kegiatan pembacaan ratibul haddad, surah yasin dan tahlil, dan surah al-kahfi pada jumat pagi), hadroh sholawat, dan ziaroh. Seluruh kegiatan Asrama Mahasiswa dilaksanakan secara rutin dan wajib bagi setiap santri untuk mengikutinya. Tujuannya tidak lain semata-mata adalah untuk ibadah dan mengharap ridho Allah SWT. Kegiatan mujahadah rutinan dilaksanakan setiap malam jum’at, jum’at pagi dan juga malam ahad. Sedangkan kegiatan hadrah sholawat komplek IV dilaksanakan setiap malam jum’at setelah mujahadah pembacaan yasin dan tahlil. Khusus untuk mengaji kitab kuning, yang akan mengisi adalah Pengasuh Asrama Mahasiswa Komplek IV yang sekaligus menjadi Dewan Pengasuh PP. Sunan Pandanaran, KH. Imaduddin Sukamto. Kitab yang di kaji seperti; Kitab Ihya Ulumiddin, Minhajul Abidin, Tafsir Al- Wasith, Syarah Al-Hikam dan lainnya.

Keunggulan dan Target Market

Keunggulan:

Kegiatan unggulan yang ada di Asrama Mahasiswa Komplek IV ini, salah satunya adalah membaca serta menghafalkan Al-Qur’an. Selain memiliki kewajiban kuliah, para santri juga diwajibkan untuk mengikuti agenda rutinan “Ngaji dan Setoran”, yang dilaksanakan setiap hari Setelah sholat maghrib berjamaah dan Setelah sholat subuh berjamaah. Apabila para santri tersebut dapat menyelesaikan hafalannya sebanyak 30 Juz selama masih bertempat di Asrama Mahasiswa Komplek IV PPSPA, maka pihak Pengasuh Asrama akan merekomendasikan untuk mengikuti rangkaian “Tasyakkuran dan Wisuda Al-Qur’an 30 Juz”

Target Market:

  1. Pelajar lulusan SMA/MA/Paket C yang sederajat dan tidak dibatasi usia.
  2. Pelajar yang bersedia untuk tinggal di Pondok Pesantren
  3. Pelajar yang berkelakuan baik, bersedia taat dan patuh dengan peraturan pesantren
  4. Pelajar non Mahasiswa STAISPA