MA Sunan Pandanaran

Jl. Kaliurang KM. 12,5, Turen, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I. Yogyakarta

Latar Belakang

Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran (MASPA) menyiapkan pembelajaran dengan fasilitas modern dan berwawasan global, system manejemen, kurikulum dan evaluasi yang menyatu dengan pesantren, dan penekanan lebih pada akhlaqul karimah. Output yang diharapkan adalah untuk mempersiapkan kader ulama’ intelektual yang berwawasan global.

Sejak lahir, MASPA mengemban misi mencetak generasi Islami yang mandiri dalam segala bidang, memiliki kualitas IMTAK dan IPTEK yang seimbang serta memiliki wawasan global yang luas. Karakter ideal yang ingin dibangun MASPA bagi Lulusannya ialah santri yang memiliki kesalehan pribadi, kesalehan sosial dan kesalehan alam. Alumni MASPA banyak yang telah mampu meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi favorit, baik dalam maupun luar negeri.

Visi

“ Mandiri, Berprestasi, Cerdas dan Berkepribadian Qur’ani”

Visi  ini disusun untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga madrasah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah.

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang:

  1. berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian.
  2. sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
  3. ingin mencapai keunggulan.
  4. mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah.
  5. mendorong adanya perubahan yang lebih baik.
  6. mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) madrasah.

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

Misi

Misi MTs Sunan Pandanaran

Untuk dapat terwujudnya Visi di atas, maka dijabarkan ke dalam Misi. Adapun Misi Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran antara lain:

  • Menyelenggarakan Pendidikan Kreatif dan Inovatif yang berbudaya Pesantren

  • Menyelenggarakan Pendidikan Al-Qur’an yang berpaham Ahlus Sunnah Wal Jamaah

  • Mengembangkan Keterampilan Berbahasa

  • Mewujudkan Sarana Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Terpadu

  • Menyelenggarakan Kegiatan Ibadah

Program dan Kegiatan

Ada enam konsentrasi studi yang ada di MASPA; Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Keagamaan (IPK), Tahfidz, IPA Tahfidz, dan Kelas Khusus Olahraga (KKO). Sebagi perpanjangan tangan system pendidikan pesantren, semua siswa MASPA juga diharuskan mengikuti madrasah diniyyah yang diselenggarakan pesantren.
Pada tahun 1999 MASPA mendapat status Disamakan. Sedang pada tanggal 24 Desember 2005, MASPA telah terakreditasi A berdasarkan SK NOMOR: A/KW.12/MA/02/06.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, MASPA menyelenggarakan tiga jurusan program studi, yaitu: Jurusan IPA, Jurusan IPS dan Jurusan Keagamaan. 

Fasilitas

Sebagai pendukung dalam kegiatan belajar-mengajar siswa, MASPA juga menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat edukatif, rekreatif dan kreatif, seperti: Les Pendalaman Materi, English and Arabic Club, Kaligrafi, Jurnalistik, PMR, Qiro’ah, Basket, Sepak Bola, Bola Volly, Pencak Silat, Pencak Silat, Pramuka, Drumband dan Bathik.